Sabtu, 07 Januari 2012

Tugas MK Aplikom


Ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan membuat
tugas pada mata kuliah Aplikasi Komputer

DORA WULANDARI
NIM : 0908036034


PROGRAM  STUDI  MAGISTER  ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
Jakarta
1432H/2011M






Uraikan, Jelaskan, Maksud Dan Fungsi, Juga Berikut Kelebihan Dan Kekurangannya, Dari :
1.      INTERNET

Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

       Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet

    * Dampak Positif
a.       Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b.      Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c.       Media untuk mencari informasi atau data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
d.      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.
e.       Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f.       Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

    * Dampak Negatif
a.       Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b.      Penipuan hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
c.       Bisa membuat seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.

2.      EXTRACT

Extract itu membuka file yang telah dikompresi. Suatu file bisa diperkecil ukurannya dengan algoritma tertentu, biasanya menggunakan software seperti WinRAR atau WinZip. Setelah dikompress, ukuran file biasanya mengecil (tertutama file berupa words/tulisan). Nah, extract adalah cara untuk melepaskan kompresi tersebut. Ukuran file dikembalikan seperti ukuran semula.

File bisa digabung dari beberapa file atau 1 file juga bisa, jadi satu kompres file, contohnya jadi zip, rar, iso. Kadang2 kalo kita mengkompres file, kita bisa mendapatkan ukuran file yang lebih kecil. Kita juga bisa mengencrypt (mudahnya dikasih password lah) file tersebut. Kalo kita mengubah dari file biasa ke zip, rar, dan laen2, itu namanya mengkompres file. nah, Extract tuh kebalikannya. Jadi dari kompres file menjadi file biasa lagi. Kita bisa mengextract file kompres dengan extractor seperti WinZip buat ZipFile, WinRAR buat RARfile.

3.      WARNET

Warung Internet (disingkat: warnet) adalah salah satu jenis wirausaha yang menyewakan jasa internet kepada khalayak umum. Warnet banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa, pelajar, profesional dan wisatawan asing. Warnet digunakan untuk bermacam-macam tujuan, bagi pelajar, dan mahasiswa warnet banyak digunakan untuk:
    * Mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah
    * Melakukan riset
    * Menulis skripsi

Bagi masyarakat umum warnet digunakan untuk:
    * Memeriksa kiriman surat-e terbaru
    * Melamar pekerjaan
    * Bersosialisasi dan berkomunikasi (chatting)
    * Sarana menikmati hiburan dan lain sebagainya.

Umumnya warnet paling banyak terdapat/tersebar terutama di kota-kota besar (ibukota propinsi, kabupaten, dan di kota-kota kecil sebagai penyedia jasa untuk melayani kebutuhan masyarakat di daerah tersebut dalam mengakses informasi. Kebanyakan warnet tersebar di dekat tempat pendidikan seperti Universitas atau SMA. Warnet juga banyak terdapat di tempat-tempat umum dimana orang bersosialisasi seperti Mal, town square, dan sejenisnya. Namun beberapa dari tempat ini atau kafe-kafe tertentu ditempat ini memberikan jasa internet berupa koneksi Wifi (hotspot) yang biasanya gratis karena sudah satu paket dengan biaya yang kita keluarkan saat minum atau makan. Biasanya pengunjung akan mendapat akun untuk memakai internet.
Warnet sendiri tidak terlepas dari berbagai masalah seperti :
a.       Pornografi. Banyak negara memandang internet adalah salah satu media dimana pornografi dapat diakses oleh pengguna. RRC contohnya telah mengontrol hal ini dengan ketat dan dianggap efektif [3]. Hal ini dikarenakan medianya yang visual dan kemudahan untuk mengunduh berkas seperti: AV, beep dan film yang mengandung fotografi dalam bentuk AVI (terbesar) hingga 3gp untuk kapasitas telepon genggam.
b.      Pengunduhan program-program komputer ilegal atau program-program komputer yang sudah di kodenya sudah dipecahkan ulang, atau dikenal juga sebagai Cracker APP/WAREZ.
c.       Penyebaran virus dan worm. Virus/worm ini menyebar melalui situs, dokumen yang di unduh dari surat-e, flashdisk, dan lain sebagainya.
d.      Perjudian dalam jaringan.
e.       HAKI dalam penggunaan perangkat lunak oleh warnet tersebut. Namun beberapa warnet juga sudah menggunakan perangkat lunak sah baik dengan membeli izin proprietary maupun menggunakan perangkat lunak bersumber bebas (Open Source) seperti Linux. Software Linux yang populer diwarnet seperti Ubuntu, IGOS, SimplyMepis, Suse dan lain-lain.
f.       Kejahatan melalui jaringan seperti penipuan, scam, penyedia layanan game online seperti Real-Money trans, botting, cheat hingga manipulasi karakter seperti penipuan.

4.      E-MAIL
Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
   1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
   2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
   3. Mengetahui E-mail yang di tuju.

Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.
Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:
E-Mail:
a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
c. Cukup dengan adanya jaringan internet
d. Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa (Berperangko)
a.       Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
b.      Perlu alamatRumah / Kantor
c.       Membutuhkan waktu lama
d.      Keamanan Surat kurang terjamin

Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah:
Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambunganinternet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

Keuntungan dan kelemahan pemakaian e-mail:
a.        Nyaman : karena tidak perlu pergi ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer anda yg sudah terhubung dengan Internet.
b.      Cepat : pengiriman e-mail dapat berlangsung dengan cepat asal saluran Internet yg digunakan tidak bermasalah.
c.       Murah : sekali anda terhubung ke Internet, biaya pengirimana e-mail relatif sangat murah dibandingkan dengan menggukan perangko.
d.      Hemat sumber daya :  tidak perlu beli kertas, pulpen, perangko.
e.       Aman :  karena ada passwordnya.
f.        Reliabel : e-mail dapat disimpan di e-mail server, e-mail tidak akan hilang kecuali bila dihapus.
g.      Global :  e-mail dapat dikirim ke seluruh dunia.
h.      Memungkinkan pengiriman pesan berformat multimedia :  e-mail yg dikirim dpt berupa teks, gambar, video, program, suara dll.

KELEMAHAN PEMAKAIAN E-MAIL :
a.       Salah Kirim :  karena salah menulis alamat e-mail yang dituju.
b.      Rawan Penyadapan :  Password yg diketahui oleh orang lain, atau karena menggunaka web e-mail gratis.
c.       Adanya kemungkinan pemalsuan identitas.
d.      Kebanjiran e-mail/ spam/ mailboxnya penuh.
e.       Respon terlambat.


5.      E-LEARNING

Elektronik atau belajar dengan bantuan komputer sudah ada sejak 1970. Dengan menggunakan monitor layar hijau melalui sebuah komputer mainframe berkecepatan rendah, tetapi apakah metode tersebut dapat dikatakan sebagai e-Learning. Tentu saja hal tersebut bukan merupakan jawaban yang tepat mengenai e-Learning. Tanpa definisi yang jelas mengenai e-Learning, sangatlah sulit memutuskan benar atau tidak untuk disebut sebagai e-Learning.
·         Definisi e-Learning
Berbagai pendapat dikemukan untuk dapat mendefinisikan e-Learning secara tepat.
a.       e-Learning adalah salah satu bentuk dari konsep Distance Learning. Bentuk e-Learning sendiri cukup luas, sebuah portal yang berisi informasi ilmu pengetahuan sudah dapat dikatakan sebagai situs e-Learning. e-Learning atau Internet enabled learning menggabungkan metode pengajaran dan teknologi sebagai sarana dalam belajar. (Dr. Jo Hamilton-Jones).
b.      e-Learning adalah proses belajar secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan danlayanan dalam belajar. (Vaughan Waller, 2001)
c.       e-Learning adalah proses instruksi yang melibatkan penggunaan peralatan elektronik dalam menciptakan, membantu perkembangan,menyampaikan, menilai dan memudahkan suatu proses belajar mengajar dimana pelajar sebagai pusatnya serta dilakukan secara interaktif kapanpun dan dimanapun.
·         Konsep e-Learning
Metode pengajaran tradisional masih kurang efektif jika dibandingkan dengan metode pengajaran modern. Sistem e-Learning diharapkan bukan sekedar menggantikan tetapi diharapkan pula untuk dapat menambahkan metode dan materi pengajaran tradisional seperti diskusi dalam kelas, buku, CD-ROM dan pelatihan komputer non internet.
Berbagai elemen yang terdapat dalam sistem e-Learning adalah :
a.       Soal-soal : materi dapat disediakan dalam bentuk modul, adanya soal-soal yang disediakan dan hasil pengerjaannya dapat ditampilkan. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan pelajar mendapatkan apa yang dibutuhkan.
b.      Komunitas : para pelajar dapat mengembangkan komunitas online untuk memperoleh dukungan dan berbagi informasi yang saling menguntungkan.
c.       Pengajar online : para pengajar selalu online untuk memberikan arahan kepada para pelajar, menjawab pertanyaan dan membantu dalam diskusi.
d.      Kesempatan bekerja sama : Adanya perangkat lunak yang dapat mengatur pertemuan online sehingga belajar dapat dilakukan secara bersamaan atau realtime tanpa kendala jarak.
e.       Multimedia : penggunaan teknologi audio dan video dalam penyampaian materi sehingga menarik minat dalam belajar.
·         Kelebihan dan Kekurangan e-Learning
a.       Kelebihan e-Learning
Dalam bentuk beragam, e-Learning menawarkan sejumlah besar keuntungan yang tidak ternilai untuk pengajar dan pelajar :
§  Pengalaman pribadi dalam belajar : pilihan untuk mandiri dalam belajarmenjadikan siswa untuk berusaha melangkah maju, memilih sendiri peralatanyang digunakan untuk penyampaian belajar mengajar, mengumpulkan bahanbahan sesuai dengan kebutuhan.
§  Mengurangi biaya : lembaga penyelenggara e-Learning dapat mengurangi bahkan menghilangkan biaya perjalanan untuk pelatihan, menghilangkan biaya pembangunan sebuah kelas dan mengurangi waktu yang dihabiskan oleh pelajaruntuk pergi ke sekolah.
§  Mudah dicapai: pemakai dapat dengan mudah menggunakan aplikasi e-Learningdimanapun juga selama mereka terhubung ke internet. e-Learning dapat dicapaioleh para pemakai dan para pelajar tanpa dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu.
§  Kemampuan bertanggung jawab : Kenaikan tingkat, pengujian, penilaian, dan pengesahan dapat diikuti secara otomatis sehingga semua peserta (pelajar,pengembang dan pemilik) dapat bertanggung jawab terhadap kewajiban merekamasing- masing di dalam proses belajar mengajar.
§   ICT dapat menghadirkan informasi baru sehingga membantu siswa memahami hal-hal yang belum dipahami.
§  Menggunakan ICT bagi guru pada hakekatnya mengembangkan cara mengajar sesuai dengan kemajuan tehnologi terutama dapat mengikuti perkembangan Negara-negara maju.
§  Merangsang daya kreatifitas berpikir siswa.

b.      Kekurangan e-Learning
Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pemanfaatan e-Learning:
§  Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar mengajar.
§  Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
§  Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
§  Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (Information, Communication and Technology).
§  Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun komputer).
§  Kurangnya mereka yang mengetahui dan memiliki keterampilan tentang internet.
§  Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

·         Pengenalan Praktis e learning.
Penggunaan ICT dalam pendidikan meliputi 2 hal yaitu aspek pengajaran yang melibatkan guru menggunakan ICT dan aspek pembelajaran yang melibatkan murid menggunakan ICT. Mengapa kita menggunakan ICT ?
a)      Meningkatkan pemahaman terhadap pelajaran.
b)      Meningkatkan motivasi
c)      Memberikan murid menentukan pembelajaran sendiri
d)     Mengakses informasi yang sukar diperoleh
e)      Meningkatkan kreativitas
f)       Meningkatkan kemahiran ICT

·         Penggunaan ICT dalam Pengajaran dan pembelajaran.
a)      Tutorial.
ICT digunakan untuk pembelajaran tutorial apabila digunakan untuk menyampaikan informasi/pelajaran berdasarkan urutan urutan yang telah ditetapkan. Pembelajaran tutorial meliputi :
                        · Pembelajaran ekspositori yaitu penjelasan terperinci.

· Demonstrasi dan latihan.

b)      Eksplorasi.
Penggunaan ICT untuk pembelajaran berlaku apabila ICT digunakan sebagai media untuk :
                        · mencari dan mengakses informasi dari internet.
· melihat demonstrasi sesuatu kejadian sesuai urutan dengan soft ware dan hard ware.

c)      Alat aplikasi.
ICT dikatakan sebagai alat aplikasi apabila membantu murid melaksanakan tugas .Contoh : – membuat dan menganalisa diagram dalam pelajaran matematika.
d)     Komunikasi.
ICT dikatakan sebagai alat untuk memudahkan komunikasi antara guru dengan murid dalam mengirim,dan menerima informasi.

6.      DOWNLOAD
Download, adalah istilah yang sering kita sebut ketika mengakses di Internet, baik di rumah kita sendiri atau dari Cyber@ccess. Download adalah langkah untuk mengambil sesuatu (gambar, dokumen, surat, dll.) ke dalam bentuk file dari Internet atau Intranet.
Dalam melakukan download file tergantung pada 4 (empat) hal, yaitu: kecepatan modem, kesibukan server, letak server dan tingkat kemacetan jaringan Internet.

1. Kecepatan Modem

Semakin cepat modem, semakin cepat file dapat Anda downlaod. Line telepon yang saling menyilang di planet kita ini adalah faktor keterbatasan yang utama. Hampir semua line telepon tersebut dapat mendukung 28.8 Kbps kecepatan modem. Tingkat transfer yang lebih dari itu tergantung pada kualitas kabel telepon lokal. Akan sia-sialah menginvestasi 56.6 Kbps modem, jika kabel telepon di daerah itu tidak mendukung. Jadi sebelum membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps, periksalah teman-teman satu daerahmu, apakah ada yang menggunakan modem lebih dari 28.8 Kbps. Jika tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan hubungan dengan kecepatan di atas 28.8 Kbps (asumsikan bahwa modem mereka dapat mengkoneksi lebih cepat), maka tidak ada gunanya membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps.

2. Kesibukan Server

Server dapat memutuskan pengaksesan dari semua modem. Saat itu terjadi, pesan kesalahan yang sering muncul di browser adalah: ‘anonymous access denied’ atau ‘server returned extended information’. Kedua pesan itu berarti server terlalu sibuk dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Tidak ada kesalahan dalam komputer Anda, tidak perlu panik, coba lagi saja.

3. Letak Server

Letak geografis memainkan peranan yang besar dalam kecepatan download. Semakin panjang line telepon, maka perjalanan file download juga semakin lama.

4. Tingkat Kemacetan Jaringan Internet

Anda dapat memiliki modem yang cepat dan tidak ada kemacetan, tetapi tetap saja bisa mengalami waktu down load yang lama. Penyebabnya karena dengan jumlah bandwidth yang sama, dalam waktu-waktu tertentu diakses oleh lebih banyak modem dibandingkan dengan waktu lainnya.

Tetapi hal seperti di atas tidak perlu terjadi bila kita menggunakan Downloading Utilities. Salah satu sarana download yang baik adalah software keluaran Headlights bernama GetRight. Program ini mampu mendeteksi proses jalannya download. Hebatnya, program ini mampu digunakan untuk melanjutkan proses download yang terputus. Jadi, apa yang sudah tersimpan sebelum hubungan download terputus tidak perlu diulangi lagi, tinggal dilanjutkan saja sampai keseluruhan file dapat tersimpan dengan baik.

7.      UPLOAD
Unduh (Inggris: download) dan unggah (bahasa Inggris: upload) dalam teknologi informasi komunikasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya. Mengunduh adalah proses menerima data (umumnya berbentuk berkas) dari sebuah sistem seperti server web, FTP, peladen surat atau sistem serupa lainnya. Mengunduh juga merupakan kegiatan dimana seseorang dapat memperoleh berkas-berkas tertentu yang ada di internet. Berkas yang dapat diunduh bermacam-macam. Ada yang berupa berkas video, mp3, dokumen, dan lain-lain
Mengunggah adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, FTP server atau sistem serupa lainnya yang kemudian akan dipublikasikan di internet baik secara pribadi atau umum (dapat di nikmati oleh semua pengguna internet). Proses mengunggah atau biasa disebut upload biasa dilakukan dengan tujuan agar dapat dinikmati banyak orang atau hanya berupa gambar untuk memperjelas tujuan penulisan.
Ketika diterapkan untuk transfer lokal (pengiriman data dari satu sistem lokal ke sistem lokal), seringkali sulit untuk memutuskan apakah itu adalah mengunggah atau mengunduh. Secara teknis jika pengguna menggunakan perangkat penerima untuk melakukan transfer maka akan mengunduh dan jika mereka menggunakan perangkat pengirim untuk memulai itu akan mengunggah. Namun, sebagai non-teknis kebanyakan pengguna cenderung menggunakan istilah mengunduh untuk mengacu pada setiap mentransfer data, istilah muat pihak kadang-kadang digunakan untuk menyatakan untuk transfer lokal, untuk mengakhiri kebingungan ini.

8.      BROWZING
Browsing adalah salah satu fasilitas internet yang paling populer. Fasilitas dari Internet lainnya adalah: email, ftp, gopher, telnet, VoIp dll. Dihalaman ini akan dijelaskan segala yang berhubungan dengan Browsing. Browsing berkenaan dengan free based email yang akan dijelaskan dibagian email.
 Browsing berguna untuk mencari informasi secara visual baik audio ataupun video. Baik teks-graphics ataupun suara/bunyi. Untuk browsing sangatlah mudah. Asalkan anda bisa sedikit bahasa Inggris anda pasti mengerti. Walaupun saat ini tidak mutlak harus mengerti Bahasa tersebut. Karena sekarang banyak situs-situs yang berbasiskan bahasa Indonesia. Seperti www.detik.com, www.satunet.com dll
            Kalau sudah ada waktu luang lebih enak meluangkan waktu untuk browsing data di Internet. Awalnya memang menjemukan kalau tidak tahu apa yang mau dicari, jadi ada baiknya sebelum internetan kita merencanakan dulu data apa yang mau di cari.
           Di internet banyak hal yang bisa kita temukan, mulai dari informasi Ilmu Pengetahuan, berita, infotainment, lagu, film dan masih banyak lagi karena internet gudangnya informasi. Untuk yang suka mencari kawan atau berkenalan dengan orang lain lewat dunia maya "internet" juga bisa melalui sarana facebook, Twitter, Mybloglog dan masih banyak yang lain yang kalau disebutkan satu-satu maka bisa super penuh blog saya. Mau memasang iklan atau mengenalkan usaha kita lewat internet juga transaksi lewat internet yang biasa dikenal dengan e-commerce juga bisa.        
  Adapun Keunggulan internet adalah
·         koneksitas dan jangkauan yang global, aksesnya 24 jam, dari faktor kecepatan kita memperoleh data, interaktivitas dan fleksibilitas dari internetpun juga membuat internet menjadi pilihan tepat untuk kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
     internet juga memiliki kelemahan/kekurangan
·         situs porno,
·         adanya ancaman virus komputer,
·         adanya ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan internet service provider.
menggunakan internet kita harus bisa bertanggung jawab dan bisa memanfaatkan internet sebaik-baiknya agar segala kelemahan dan kekurangan internet dapat diminimalisasi atau bahkan dihindari...

9.      SEARCHING
Searching adalah proses pencarian data dari sekumpulan data yang sudah ada. Pencarian data sering juga disebut dengan table look-up atau store and retrieval information. Hasil dari suatu pencarian dapat bernilai salah (tidak ketemu atau tidak sukses) atau benar (ketemu atau sukses). Untuk data yang tidak ketemu biasanya ada prosedur tersendiri untuk menambah atau menyisipkan data yang belum ada tersebut.
Pencarian biner merupakan salah satu cara atau metode untuk melaksanakan proses pencarian. Cara ini merupakan cara yang paling cepat di antara metode-metode yang lainnya. Metode pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut:
·         Pertama-tama data-data yang sduah ada harus diurutkan dahulu. Selanjuutnya data yang sudah diurutkan tadi disebut sebagai vektor.
·         Kemudian vektor tadi dibagi menjadi dua subvektor yang memiliki jumlah elemen yang sama, kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data terakhir dari subvektor pertama.
·         Jika data tersebut lebih kecil maka berarti data kemungkinan ada di subvektor pertama, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor pertama dengan terlebih dahulu membagi subvektor tadi menjadi dua subvektor.
·         Jika lebih besar maka berarti data kemungkinan ada di subvektor kedua, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor kedua dengan terlebih dahulu menbagi subvektor tadi menjadi dua subvektor. Demikian seterusnya.


10.  CHATTING
CHATTING adalah suatu feature dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Agar Anda dapat chatting, maka Anda harus memiliki perangkat lunak chatting terlebih dahulu, misalnya mIRC, ICQ, TurboIRC dan lain-lain. CD BUKU ini membahas mIRC dan perangkat lunak ini sudah disertakan dalam CD BUKU ini, Anda tinggal meng-install dan menggunakan. Selain chatting dengan mIRC, CD BUKU ini juga membahas chatting dengan Yahoo. Agar Anda dapat chatting dengan Yahoo, maka Anda harus memiliki (men-download) perangkat lunak Yahoo! Messenger terlebih dahulu. Perangkat lunak ini disediakan oleh Yahoo dan bebas (gratis) untuk di-download. Yahoo! Messenger adalah sebuah perangkat lunak untuk chatting (text chat, voice chat dan video chat), juga perangkat lunak untuk penanganan e-mail (e-mail handling). Untuk kemudahan Anda belajar, perangkat lunak ini juga sudah disertakan dalam CD BUKU ini, Anda tinggal meng-install dan mendaftarkan diri ke Yahoo.
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.
Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
v  Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.
v  Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
v  Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
v  Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
v  Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
v  Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
v  Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
v  Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
v  Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
v  Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
v  Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini:
*      Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.
*      Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
*      Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
*      Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
*      Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
*      Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
*      Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

11.  FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnyaa. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010.Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.

12.  TWITTER
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima tweets melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia.
Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Twitter dibandingkan jejaring sosial lainnya,
*      Kelebihan :
                                                              i.      Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
                                                            ii.      Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
                                                          iii.      Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
                                                          iv.      Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
                                                            v.      Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader
                                                          vi.       Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
                                                        vii.       Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
                                                      viii.      Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel
                                                          ix.      Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan
                                                            x.      Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya

*      Kelemahan :
a)      Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
b)      Dibatasi sampai 140 karakter per update
c)       Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
d)     Lebih menekankan pada penghitungan follower
e)      Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
f)       Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
g)      Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

DAFTAR PUSTAKA
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
·         http://masterzukhruf.blogspot.com/2009/06/pengertian-dan-etika-chatting.html
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Mengunduh_dan_mengunggah
·         http://akhmadsolikhin.wordpress.com/2008/02/19/e-learning/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar